Aksi Mogak Massal Masuki Hari ke 49

Para tawanan administrative Palestina yang sedang melakukan aksi mogok massal di penjara Israel memasuki hari ke 49. Mereka tetap menuntut dihentikannya penangkapan politis tanpa pengadilan atau dakwaan.

Sementara itu, pihak penjara Zionis senantiasa melakuakn intimidasi dan isolasi terhadap para tawanan atau memisahkan mereka di ruang-ruang operasi rumah sakit.

Dalam kaitan ini, keluarga tawanan menyerukan aksi-aksi rakyat untuk mendukung para tawanan ini masiv dilakukan. Selain mengembangkan berbagai cara untuk menyokong perjuangan para tawanan di dalam penjara.

Sejumlah sumber HAM menyebutkan, hingga saat ini 5000 tawanan Palestina mendekam dalam penjara Zionis. mereka siap melakukan aksi mogok makan massal sebagai bentuk solidaritas terhadap para tawanan administrative, sejak 48 hari lalu.

Jawad Polis, pengacara para tawanan di asosiasi tawanan mengatakan, saat ia berkunjung ke penjara Jalbu, Selasa (10/6) mendapatkan para tawanan sedang memantau aksi teman-teman sesame tawanan yang sedang melakukan aksi mogok makan. Mereka menegaskan, jika pemerintah Zionis terus dalam sikapnya tidak memperdulikan tuntutan para tawanan, maka mereka sepakat akan bergabung dengan aksi mogok makan massal para tawanan administrative.

Apa yang disebut tawanan administrative

Tawanan administrative sebagaimana disebutkan UU internasional adalah mereka yang ditahan atas intruksi pemerintah setempat, tanpa bukti hukum ataupun dakwaan serta tidak disidangkan. Penahahan ini bisa dilegalkan dalam kondisi khusus.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *