Aksi di Rafah Protes Pengurangan Layanan UNRWA

Puluhan pengungsi Palestina di Rafah, selatan Gaza, Ahad (6/10) menggelar aksi demo menentang kebijakan pengurangan bantuan yang selama ini diberikan UNRWA lembaga PBB urusan pengungsi Palestina.

Para demonstran menuntut UNRWA untuk memperbaharui program neraca garis kemiskinan. Mereka mempertanyakan, kenapa orang miskin tak mendapat bantuan, sementara para pegawai asing di sana mendapat gaji besar dari UNRWA. Mereka juga mengkhawatirkan revolusi yang mungkin terjadi menyusul kebijakan UNRWA yang dinilainya kurang adil.

Selain itu, para demonstran mengecam kebijakan UNRWA terakhir terhadap para pengungsi Palestina di Gaza. Dalam kaitan ini, Front Kerakyatan untuk pembebasan Palestina mengatakan, apa yang dilakukan UNRWA dengan mengurangi jatah bantuan serta pengurangan layanan. Kebijakan mereka telah melampaui garis merah dan memaklumatkan perang sistematis terhadap hak-hak pengungsi. Akibatnya kondisi para pengungsi makin terpuruk ditengah blokade internasional dan kemiskinan yang kian membengkak.

Pengumuman UNRWA yang akan mengurangi bantuan serta layanannya kepada masyarakat akan menimbulkan kemarahan rakyat yang tak diketahui ujungnya. Oleh karena ini Front Kerakyatan meminta UNRWA mengurungkan niatnya dan kembali menjalankan kewajibanya terhadap para pengungsi Palestina. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *