230 Juta Dollar Kerugian Akibat Terowongan Ditutup

Menteri ekonomi nasional Palestina di Gaza, DR. Ala Rifati menegaskan, kegiatan di terowongan antara Gaza-Mesir menurun drastis akibat penutupan sepihak oleh tentara Mesir dan mengakibatkan kerugian mencapai 230 juta dollar perbulan.

Sementara itu, lebih dari 1000 sektor perekonomian yang selama ini bergantung pada pasokan barang-barang dari terowongan, kini berhenti total alias gulung tikar.

Dalam pertemuan yang diadakan lembaga perhubungan dan pengembangan bersama para wartawan di Gaza, Senin (7/10) Rifati mengisyaratkan, perkembangan ini berpengaruh pada meningkatnya jumlah kemiskinan dan pengangguran, selain tentunya berbagai kesulitan yang berdampak pada perekonomian Palestina secara makro di Gaza. Penutupan terowongan dipastikan akan menurunkan neraca pertumbuhan ekonomi lokal Gaza, kurang dari 3 % diakhir tahun 2013, kalau dibanding Juni lalu yang mencapai 15 %.

Rifati menegaskan, pemerintah Palestina siap menutup terowongan segera setelah adanya alternativ resmi dari pemerintah Mesir yang menjamin pasokan memadai bagi kebutuhan hidup di Gaza. Dalam pada itu, Rifati meminta Rafah dilengkapi dengan fasilitas pengiriman bahan bakar, bukan hanya melalui kontainer. Disamping penambahan jam buka perlintasan dan ragam jenis bahan baku yang dibutuhkan Gaza.

Operasi militer Mesir yang menghancurkan terowongan-terowongan antara Gaza-Mesir sejak 30 Juni lalu mengakibatkan berhentinya 80 hingga 90 % kegiatan di terowongan, tukasnya. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *